Petuah Orang Tua Untuk Anak Gadis Agar Jodoh Lancar

Mungkin bagi sebagian orang menganggap petuah orang tua bagi anak gadis dianggap ribet padahal jika memahami makna sebenarnya yang tersirat pasti dia setuju dan juga tidak menertwakannya. Lain halnya mereka yang terlalu sinis menganggap suatu budaya itu sebuah ke ribetan sehingga dianggap tidak etis atau merepotkan saja di dunia modern. Dan berikut sedikit petuah orang tua jaman dulu;

* Dilarang makan di depan pintu
Biasanya orang tua akan melarang anak gadisnya untuk makan di depan pintu, makssudnya adalah selain menganggu lalu lalang orang untuk keluar masuk rumah juga akan membuat tumpahnya makanan di piring jika tersenggol. maksud lain adalah anak gadisnya akan sulit atau lama mendapatkan jodoh kaarena pintu ke rumah di tutup.

* Kalau sedang nyapu jangan ada yang tersisa
Ini dimkasudkan agar kalau membersihkan rumah jangan setengah setengah dan tak tersisia kotoran, adapaun maksud lain yang mengatakan kalau anak gadis menyapu tidak bersih maka jodohnya akan jelek atau kurang tampan.

* Jangan makan di atas lesung
Lesung adalah alat untuk menumbuk padi jaman dahulu. Dan saya yakin mungkin banyak generasi sekarang yang belum pernah lihat lesung untuk menumbuk padi. Karena bentuknya yang seperti bak mandi, akan membuat si gadis jatuh ke dalam baknya. Maka sudah pasti makannya akan berantakan.
lesung

nah coba lihat gambar lesung ini, bagaiman jika anak gadis duduk sambil makan diatasnya?

Terlepas dari percaya atau tidak , bahkan ribet atau tidak saya yakin petuah orang tua jaman dahulu pasti ingin yang terbaik bagi anak gadisnya, sehingga kita sebagai generasi muda tidak serta merta mengartikan hanya dari kata katanya tetapi juga makna yang tersirat di petuah tersebut.

Popular posts from this blog

Weton Minggu Kliwon, Watak dan Peruntungannya

Weton Rabu Kliwon, Wataki dan Peruntungannya

Weton Rabu Pon, Watak Dan Peruntungannya